Sabtu, 04 Maret 2017

Ciri CIri Penyakit Kanker Lidah

Ciri CIri Penyakit Kanker Lidah - Di usia belianya aktris cantik Cecillia Putty Vickend harus berjuang melawan kanker lidah yg menggerogoti tubuhnya. Dua thn bertahan, ia pun akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di tanggal 26 Desember 2012.
Kanker lidah adalah kanker yg menyerang bagian area mulut & tenggorokan. Tak semua orang paham mengenai kanker ini, begitu juga dgn ciri awalnya. Inilah yg terjadi di aktris 26 thn itu.

Ciri terumum dari penyakit ganas ini adalah sariawan di lidah yg tak kunjung sehat. Setelah cukup lama, akan timbul benjolan di luka disertai rasa nyeri saat mengunyah & berbicara.

Melansir Cancersearchug.org, jenis kanker lidah dapat digolongkan jadi beberapa jenis yaitu squamous cell carcinoma (SCCA). Sel squamous memiliki bentuk datar, & teksturnya menyerupai kulit yg menyelimuti bagian sekitar mulut, hidung, larynks, thyroid & tenggorokan. Squamous cell carcinoma adalah nama yg diberikan buat kanker yg diawali oleh sel-sel ini.

Berikut ini adalah ciri kanker lidah lainnya yg harus diwaspdai:

1. Munculnya bercak berwarna merah atau putih di lidah yg tak juga sehat dalam waktu lama.
2. Radang tenggorokan yg tak kunjung sehat
3. Radang atau timbulnya sariawan di lidah dgn tips terus menerus
4. Rasa nyeri saat mengunyah makanan
5. Mulu terus menerus mengalami mati rasa
6. Lidah mengalami pendarahan tanpa sebab
7. Rasa nyeri di telinga

Perawatan & pengobatan


Bila anda merasakan salah satu ciri di atas, sebaiknya anda berkunjung ke docter buat melakukan diagnosis awal. Perawatan penderita kanker lidah disesuaikan dgn ukuran & perluasan area kanker, apakah kanker telah menyebar ke limph nodes di leher atau belum. Dalam kondisi ini pengidap dapat menjalani pengobatan dgn cara operasi, radiotherapy, & chemotherapy.
Perawatan terbaik buat kanker lidah yg kecil adalah dgn operasi. Sedangkan buat tumor besar yg sudah menyebar ke lymph nodes di leher, anda harus melakukan kombinasi operasi & radioterapi.

Hal ini ditujukan buat mengangkat kanker dari lidah & lymph nodes di leher Anda. Operasi pengangkatan lymph nodes di leher ini juga disebut dgn Neck dissection. Selanjutnya, buat mencegah pertumbuhan kanker kembali perlu dilakukan radioterapi. Tujuannya adalah buat menghilangkan sel-sel kanker yg tersedia.

Bila kanker telah tumbuh cukup besar, kemungkinan pengidap harus segera dioperasi buat menghilangkan sebagian atau seluruh lidah (glossectomy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar